WEB LAMA
02 Mei 2024

DIKLAT PIK-R BAGI REMAJA UNTUK MENCEGAH TERJADINYA PERNIKAHAN DINI DAN SEX BEBAS

BARON Dalam angka mensosialisakan kesehatan reproduksi dan mencegah terjadinya sex bebas di kalangan remaja, Pemerintah Desa Baron mengadakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dan sosialisasi tentang pentingnya kesehatan reproduksi bagi remaja. Diklat tersebut menghadirkan narasumber penyuluh KB dari Dinas PPKB Kabupaten Magetan.

Sunoto, Kepala Desa Baron menjelaskan, saat ini telah dibentuk tim Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Tugas dari Tim PIK-R tersebut diantaranya adalah :

  1. Mensosialisasikan dan mempromosikan keberadaan PIK-Remaja yang dikelola dari, oleh dan untuk Remaja ABHI PRAYA Desa Baron serta semua pihak terkait dalam memperluas akses dan pengembangan dukungan dan jaringan.
  2. Menyusun Program Kerja dan melaksanakannya.
  3. Menjadikan PIK Remaja sebagai sumber informasi reproduksi remaja yang dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan remaja tentang KRR yang telah diperoleh dari berbagai sumber dan saluran informasi.
  4. Melakukan pemantauan terhadap perkembangan dan permasalahan remaja di Desa Baron.
  5. Melakukan koordinasi dengan pihak terkait khususnya dalam meningkatkan akses kualitas pengelolaan dan pelayanan PIK-Remaja.
  6. Memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi remaja terhadap remaja di wilayah desa Baron.

“Sosialisasi tentang betapa pentingnya kesehatan reproduksi dan bahaya sex bebas sangat perlu dilakukan bagi remaja Gen-Z saat ini,” ujar Sunoto.   (TIM)

ENDIK EFFENDI (KAMITUWO III)    JONI SISWANTO (KAMITUWO II)    SURATNO (KEPALA SEKSI PELAYANAN)    NANANG ARI PURNOMO (SEKRETARIS DESA)    PUJI SUWITO (KAMITUWO I)    WIDARJI WIDHI WIDAYAT (KAUR PERENCANAAN)    SUNOTO (KEPALA DESA)    APRILLIA DEWI SAPUTRI (KEPALA SEKSI PEMERINTAHAN)    KARIS TRIONO (KEPALA SEKSI KESEJAHTERAAN)    NOVITA PANCA ANDRIYANI (KAUR KEUANGAN)    MARTIN FITRI RAHARJO (KEPALA URUSAN TATA USAHA DAN UMUM)