WEB LAMA
05 Agustus 2023

PEMBENTUKAN HIPPA TANI MAKMUR PENGELOLA SUMUR BOR BLOK SELUMBUNG

BARON Masyarakat petani Desa Baron bersuka cita atas suksesnya proyek pembangunan sumur bor untuk irigasi di wilayah Blok Selumbung Desa Baron Kecamatan Magetan. Sumur telah bisa dioperasikan dan keluar debit air yang cukup besar. Dalam pengoperasiannya, perlu segera dibentuk pengurus Himpunan Petani Pemanfaat Air (HIPPA). Pemerintah desa Baron memfasilitasi rapat pembentukan pengurus HIPPA yang di laksanakan di rumah Jasman, RT 03 RW 01 Desa Baron pada tanggal 5 Agustus 2023.

Dari hasil rapat menghasilkan dua kesepakatan yakni tentang struktural pengurus HIPPA Tani Makmur dan besaran retribusi/pungutan untuk biaya pengairan areal sawah Blok Selumbung. Pengurus HIPPA Tani Makmur Blok Selumbung disepakati oleh seluruh anggota yang terdiri dari petani pemilik lahan di Blok Selumbung adalah sebagai berikut : Ketua HIPPA Tani Makmur, Sardi Kumbang, Sekretaris Subandi, Bendahara Marno, dan Pelaksana Taknis, Sukarno Botok.

Sementara itu, untuk besaran retribusi pemanfaatan sumur bor di sepakati sebesar Rp. 50.000;/jam, dengan rincian 20 ribu untuk pembelian token pulsa listrik, 10 ribu untuk honorarium pengurus HIPPA, 10 ribu untuk biaya maintenance/perawatan sumur bor, dan 10 ribu untuk Pendapatan Asli Desa (PAD). (Tim)

ENDIK EFFENDI (KAMITUWO III)    JONI SISWANTO (KAMITUWO II)    SURATNO (KEPALA SEKSI PELAYANAN)    NANANG ARI PURNOMO (SEKRETARIS DESA)    PUJI SUWITO (KAMITUWO I)    WIDARJI WIDHI WIDAYAT (KAUR PERENCANAAN)    SUNOTO (KEPALA DESA)    APRILLIA DEWI SAPUTRI (KEPALA SEKSI PEMERINTAHAN)    KARIS TRIONO (KEPALA SEKSI KESEJAHTERAAN)    NOVITA PANCA ANDRIYANI (KAUR KEUANGAN)    MARTIN FITRI RAHARJO (KEPALA URUSAN TATA USAHA DAN UMUM)